Posted by: phil0s0phia | July 28, 2008

Sejarah Data Storage

Inilah Sekelumit Sejarah Data Storage

1. Punched Card
Data storage tertua yang diketahui adalah punch card, diciptakan pada tahun 1725 oleh Basile Bouchon pada saat itu penggunaannya adalah untuk menyimpan data pola tenun kain dengan cara melubangiĀ  gulungan kertas.

Tetapi karya pertama yang dipatenkan adalah punch card karya Herman Hollerith pada september 1884 yang dipakai hampir selama 100 tahun sampai pertengahan 1970an.

Inilah contoh punched card IBM 1130 yang berfungsi untuk word processing yang menggunakan kode binari
dengan kapasitas data 80 karakter saja.

<>

2. Punched Tape

Data storage pertama yang menggunakan kertas ditemukan pada tahun tahun 1846 oleh Alexander Bain sang penemu mesin fax & telegraph. Satu baris lubang mewakili 1 karakter.

<>

3. Selectron Tube

Pada tahun 1946 RCA mulai membuat Selectron Tube yang merupakan bentuk memori pertama berbasis komputer dengan ukuran panjang sekitar 30 cm dengan kapasitas 4 Kb, memori ini tidak berumur panjang dipasaran karena harganya terlalu mahal.

<>

4. Magnetic Tape

Pada tahun 1950an IBM telah menggunakan Magnetic Tape sebagai data storage yang pada saat itu merupakan suatu terobosan karena mampu menyimpan data sebanding dengan 10.000 lembar punch card sekaligus juga yang paling populer karena mampu bertahan selama 30 tahun (sampai tahun 1980an).

<>

5. Magnetic Drum

Magnetic Drum yang berukuran sekitar 40 cm mampu berputar 12,500 kali/menit merupakan data storage komputer IBM 650 yang mampu menyimpan data sebanyak 10,000 karakter (tahun 1953an).

<>

6. Floppy Disk

Pada tahun 1969 disket pertama kali diperkenalkan dengan ukuran 20 cm mampu menampung data 80 Kb tetapi hanya untuk sekali pakai, 4 tahun kemudian dengan ukuran yang sama, ditingkatkan lagi kemampuannya menjadi 256 Kb dan bisa dipakai berulang-ulang. Tahun demi tahun ukuran disket semakin kecil dan kemampuan menyimpan datanya semakin besar pula.

<>

7. Hardisk

Pada 13 September 1956 IBM memperkenalkan Komputer model terbarunya IBM 305 RAMAC, pada saat itu merupakan revolusi karena IBM 305 RAMAC disertai dengan Hardisk pertama di dunia dengan kapasitas yang luar biasa yaitu 4,4 MB. Hardisknya sendiri terdiri dari 50 keping piringan berukuran 60 cm. IBM menyewakan komputer ini seharga Rp. 30 jutaan perbulan.

Hardisk masih terus dipakai sampai sekarang dengan ukuran yang lebih kecil dan dengan kapasitas yang tentu saja jauh lebih besar.

Jika dibandingkan Hardisk pertama, hardisk generasi baru ini kapasitasnya bisa sekitar 200,000 kali lipat, kapasitasnya juga bukan lagi Mega Bites tapi Giga Bites bahkan Tera Bites.

Masih banyak Data Storage lain pada saat ini yang terus berkembang dengan berbagai macam genre dan variannya semacam CD, DVD, Flash, SD, MicroSD, BlueRay dan sebagainya.

Source : dari berbagai sumber

Cara paling mudah dapet duit gratis, baru daftar langsung dapet $26

Advertisements

Responses

  1. SAYA SUKA YANG SEPERTI INI OK….
    THANKS


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: